Memahami Pengertian Istilah Iklan PPC CPC CPM CPL CPA CTR Pop-Up
Selalu bahagia untuk kawan-kawanku, kali ini saya akan membahas tentang pemahaman istilah-istilah dalam periklanan khususnya di dunia internet. Setiap kawanku yang memiliki blog baik itu web hostong maupun non hosting yang bersifat komersial umunya sudah mengetahui dan memahami istilah-istilah atau pengertian jenis iklan online, namun bagi sobat yang masih baru ataupun belum memahami semuanya mungkin ini akan berguna dan membantu.
Memahami pengertian iklan ini dimaksudkan untuk mempermudah bagi calon publisher khususnya blogger memilih model iklan apa yang cocok dipasang pada blog atau websitenya masing-masing. banyak istilah-istilah dalam periklanan, dan saya akan menjelaskan beberapa istilah-istilah sebagai berikut :
PPC (Pay Per Click)
Adalah sebuah bentuk iklan yang dipasang oleh publisher atau pemilik blog berupa banner atau text yang akan dihitung dari jumlah klik yang datang oleh pengunjung unik untik menjadi bayaran. Jumlah pendapatkan setiap klik biasanya berdasarkan asal negara pengunjung.
Berikut contoh dan cara daftar iklan bentuk PPC DISINI
Yang terbaru DISINI
CPC (Cost per Click)
Adalah tentang perhitungan / perkiraan harga iklan online pada sebuah website atau blog dibayarkan berdasarkan jumlah klik yang diterima dari pengunjung baik direct traffic ataupun traffic dari serach engine seperti google.
Berikut contoh dan cara daftar iklan bentuk CPC DISINI
CPM (Cost per Mille)
Adalah dalam bahasa latin mille yang berarti 1000, maka diartikan situs CPM akan membayar pengiklan dalam hitungan per 1000 kunjungan/view. Istimewanya iklan jenis ini pengunjungna tidak perlu melakukan klik pada iklan pada blog, namun berhati-hatilah jika menggunakan model iklan ini. Banyak kasus terjadi script iklan membuat redirect ke situs lain. Artinye pengunjung akan diarahkan otomatis ke situs pengiklan dari blog yang terpasang iklannya.
Berikut contoh dan cara daftar iklan bentuk CPM DISINI
CPL (Cost per Lead)
Adalah penghitungan pembayaran periklanan dari jumlah pengunjung yang melakukan pendaftaran (Sign-Up / Regestrasi). Pendaftaran biasanya hanya berupa mereka yang telah mencantumkan Nama, Email, Alamat, kontak, dsb.
CPA (Cost Per Action)
Adalah periklanan yang membayar publishernya jika terjadi tindakan/penjualan yang dilakukan pengunjung melalui iklan yang ditampilkan di blog ataupun situs web. Misalnya pengunjung melakukan pembelian produk. Sangat berbeda dengan PPC yang hanya butuh klik saja sudah mendapatkan bayaran.
CTR (Click Through Rate)
adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.
Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.
Pop-Up & Pop-Under
Adalah periklanan yang pada dasarnya memiliki hasil akhir yang sama tapi memiliki aksi yang berbeda. Secara umum artinya adalah sebuah iklan yang akan tampil ketika pengunjung datang. Secara detail Pop-Up diartikan iklan yang muncul tiba-tiba ketika visitor datang tanpa melakukan apapun, berbeda dengan Pup-Under Iklan hanya akan muncul jika pengguna melakukan klik pada halaman blog, baik itu klik url ataupun hanya sekedar klik halaman kosong.
Iklan jenis Pop ini sangat disukai para publisher selain dari PPC, karena penghasilan bisa mendapatkan lebih, namun harus diingat jangan terlalu berlebihan menggunakan iklan ini karena bisa berakibat buruk pada pengujunjung blog.
Sekian dulu sedikit penjelasn tentang arti dari Jenis Iklan PPC CPC CPM CPL CPA POP ADS. Semoga bisa membantu sobat menentukan iklan apa ayng tepat dipasang di blog ataupun web situs.
Demikian sedikit penjelasan untuk memahami pengertian istilah-istilah, meski baru sebagian tapi semoga bermanfaat bagi kawan-kawanku, terimakasih sudah berkunjung.
Berikut contoh iklan Pop Up & Pop Under dengan cara daftarnya DISINI
Informasi lainnya DISINI
Jangan Lupa
DiSHARE !!!